Skip to main content
JEJAK UNIK

follow us

Nasib Blogger Pemula di Tengah Gempuran Website Besar, Bisa Bertahan?

Nasib Blogger Pemula di Tengah Gempuran Website Besar, Bisa Bertahan?

Nasib Blogger Pemula di Tengah Gempuran Website Besar, Bisa Bertahan? Seiring perkembangan jaman banyak sekali bermunculan blogger-blogger baru dalam di dunia jagat maya, salah satunya saya sendiri yang sangat menyukai dunia blogging seperti ini.

Namun bagaimanakah nasib kita sebagai blogger ditengah maraknya situs-situs besar yang kontennya selalu mendominasi jajaran atas hasil pencarian search engine.

Tentunya ini yang menjadi masalah utama kita seorang penulis blog dengan persaingan yang sangat ketat dan belum lagi medsos saat ini lebih dominan dan orang lebih suka melihat status fb/wa serta menonton youtube dari pada harus membaca sebuah artikel yang panjang di sebuah blog.

Saya harus berkata jujur itulah kenyataannya...

Ketika minat baca orang menurun tentunya kita sebagai Blogger/penulis yang akan terkena imbas dari semua itu. Apalagi konten yang kita buat tidak pernah masuk jajaran atas hasil pencarian, tulisan kita tidak akan pernah dilihat orang sampai kapan pun juga. Lama kelamaan kita akan terus tergerus website-website besar.

Dominasi website besar memang sangat luar biasa hampir semua kategori berita selalu dipenuhi artikel mereka yang nangkring di halaman search engine. Tidak ada tempat bagi kita penulis blog untuk bersantai di tengah gempuran website-website besar saat ini.

Kita akan semakin dalam tenggelam..

Kenapa bisa begitu
Nasib Blogger Pemula di Tengah Gempuran Website Besar, Bisa Bertahan?

Banyak faktor utama kita sebagai Blogger selalu kalah dengan situs besar, bukan karena kita tidak bisa menulis saya yakin sebenarnya kita sudah cukup baik dalam membuat sebuah artikel di blog kita,  hanya saja kelemahan utama kita adalah kita sebagai Blogger "Hanya berkerja sendiri".

Kita tidak sama seperti mereka, kita menulis sendiri dan tidak mempunyai tim yang solid inilah salah satu masalahnya. Mereka bisa setiap detik, menit mengupdate artikel tentu saja ini merupakan nilai plus baginya sebab search engine sangat menyukai website yang begitu aktif serta kaya akan konten.

Mereka bisa membayar penulis handal untuk terus mengembangkan website mereka, sebab mereka punya uang dan bisa melakukannya sedangkan kita sebagai Blogger yang baru pemula tentu tidak sama dengan apa yang mereka lakukan.

Jadi memang sudah tidak ada harapan bagi kita Blogger pemula untuk bersaing konten dengan website-website besar yang sangat mendominasi saat sekarang ini jika kita tidak melakukan inovasi dan membuat konten berbeda dan unik.

Meskipun demikian kita tidak boleh berkecil hati sebab kita Blogger menggunakan produk dari Google dan kebanyakan website besar mempunyai hosting sendiri dan inilah poin plus kita. Logika sederhananya apa mungkin Google rela melihat produk binaan nya tengelam begitu saja? Tentu tidak pastinya.

Lalu apa yang harus kita lakukan

Untuk itu agar kita tetap bisa bertahan di tengah gempuran website besar kita harus segera melakukan inovasi dalam internal blog kita. Kita harus memikirkan tema apa yang pas dengan blog kita.

Analisa pasar sangatlah penting, jika orang banyak membuat Tema Blog A maka kita harus membuat Tema Blog B. Jangan mengikuti Tema Blog A yang sudah sangat besar dan cukup dominan kita akan kesulitan mengekor dia dalam persaingan search engine.


Saya hanya menguasai tema A bagaimana

Tentunya ini juga salah satu problem dan dilema bagi kita sebagai penulis blog sebab ketika kita memutuskan membuat artikel apa untuk blog yang kita buat kita harus menyukai serta menguasai pemahaman tema yang akan kita bahas tersebut.

Kita tidak bisa memaksakan hal yang bukan keahlian kita dengan sengaja masuk ke Tema B yang bukan bidang kita. Ini sama saja blunder bagi kita.
Untuk itu kamu harus mempersempit kategori yang kamu bahas di Tema A, maksudnya begini loh. Jika kamu memang menyukai tema A yang membahas tentang makanan, wisata, berita artis dan lainnya kamu bisa ambil saja salah satu tema tersebut misalkan tentang wisata.

Memang tidak enak, tapi mau bagaimana lagi menurut saya dengan begitu akan jauh lebih baik dan kesempatan persaiangan artikel kamu di search engine akan lebih sedikit dibanding kamu mengekor dia semua namun satupun artikel kita tidak ada yang terlihat jauh lebih menyedihkan.


Tema blog yang masih produktif

Anda membuat blog ulasan berkategori berita seperti yang saya lakukan ini, saya katakan sebenernya hanya akan membuang waktu sebab tema blog seperti ini akan sulit sekali bersaing, mengekor berita website besar.

Saya melakukan ini hanya untuk mengisi waktu luang saja. Jadi jika tujuan kalian mendapatkan uang dari blog pilihlah tema yang membahas Bisnis Internet Marketing, desain template dan mulai serius membangunnya.

Saya beri contoh untuk blog ini yang ada yang membahas artikel "Hotel" ketika kita mencarinya di search engine maka yang muncul bukanlah artikel tentang hotel tersebut melainkan situs penyedia booking-booking hotel Traveloka, Agoda, Mister Aladin dan masih banyak lagi yang memberikan promo-promo.

Itulah maksud saya yang tadi saya jelaskan.

Jadi pemilihan tema blog sangatlah penting dan menurut saya tema blog yang membahas Tutorial Blogger dan desain template itu masih sangat produktif dan sangat rekomen jika kamu menguasinya. Sebab perkembangan dunia desain Blogger kedepannya pasti akan semakin maju.

Namun kekurangan tema yang mengulas tentang tutorial dan desain template visitor kita yang datang menjadi sempit karena yang melihat tulisan sepert itu pastinya hanya Blogger dan orang biasa tidak mungkin mencari informasi tentang itu.

Kesimpulan

Nasib blogger pemula tentunya sangat memprihatinkan jika kita melihat kedepannya dengan pandangan lebih luas. Kesulitan bersaing menjadi faktor utama yang membuat Blogger pemula menjadi sulit berkembang.

Namun tentunya hal tersebut tidaklah benar sepenuhnya, tergantung dari kaca mata Anda melihat. Jika tujuan ngeblog kita hanya sekedar menghabiskan waktu luang tentu tidak masalah.

Tetap menulis dan semangat..!!! jangan jadikan ini sebagai penurun semangat Anda untuk ngeblog, jadikan ini pembuktian bahwa tulisan ini adalah salah. Bangkit dan terus berkarya.

You Might Also Like:

Jika tertarik dengan artikel yang anda baca saat ini, berikan tanggapan melalui kolom komentar di bawah ini. Berkomentarlah yang cerdas, karena pintar saja tidak cukup.
Buka Komentar