Skip to main content

Pesona Masjid Raya Singkawang di Tengah Kota Singkawang

✓ Ditulis Pada 07/11/19
Pesona Masjid Raya Singkawang di Tengah Kota Singkawang

Pesona Masjid Raya Singkawang di Tengah Kota Singkawang - Bicara kota Singkawang tentu sangat menarik sekali sebab kota ini sangat terkenal dan mendapat julukan kota seribu klenteng atau kota amoi (Wanita cantik).

Tak heran dengan julukan tersebut sebab faktanya memang demikian adanya saya sendiri sampai heran saat pertama kali datang ke sini, sebab di sepanjang sudut jalan cukup banyak sekali klenteng/vihara yang berdiri kokoh.

Selain itu di kota Singkawang cukup banyak sekali kuliner-kuliner khas masakan chinese food yang tentunya sangat menggiurkan dan terasa ingin mencobanya.

Mungkin karena saya orang Benteng asli waktu mencoba pertama kali masakan sana cukup aneh dilidah dan jujur saya kurang menyukainya. Akan tetapi tenang saja di sana banyak sekali pilihan makanan enak saya pribadi lebih menyukai es campur dan mie nya yang menurut saya sangat enak.

Menariknya lagi di tengah kota yang mayoritas etnis tionghoa ada sebuah Masjid Raya yang berdiri kokoh dipusat kota tersebut. Masjid Raya tersebut cukup besar dan bisa menjadi cermin bagi kita semua tentang kerukunan umat beragama yang saling menghormati satu sama lain.

Pesona Masjid Raya Singkawang di Tengah Kota Singkawang

Masjid Raya tersebut konon sudah ada sejak tahun 1880, oleh seorang pria, Bawasahib Maricar dan anaknya, Haji B. Achmad Maricar yang merupakan seorang pedagang dari negeri India yang datang ke Indonesia pada 1850 M, kemudian mendapat gelar dari pemerintahan Hindia Belanda tahun1875 sebagai Kapitan India dan Masjid Raya Singkawang didirikan di atas tanah milik pendirinya.

Menurut cerita Masjid ini pernah mengalami kebakaran pada tahun 1937 dan tidak diketahui penyebabnya pastinya, diperkirakan karena ada ganguan listrik.

Dalam selang waktu hingga saat ini Masjid Raya sudah beberapa kali direnovasi pertama pada 1974 dan 1978 dan renovasi terakhir saya tidak tahu persisnya kapan, namun waktu saya berada disana pada 2011 Masjid ini memang terlihat sedang dalam tahap renovasi dan informasi terakhir selesai pada tahun 2015.

Entah kapan saya bisa pergi liburan ke Singkawang lagi? cukup kangen juga dan membuat saya ingin kembali lagi ke sana.

Pemandangan di sana sangat bagus di tengah jalan kota kita bisa melihat ada gunung yang menjulang tinggi dan yang membuat suasana berlibur semakin seru!

Buat yang belum pernah ke Singkawang anda bisa mencoba berlibur bersama keluarga menikmati keindahan wisata dan budaya khas kota Singkawang.