Skip to main content
JEJAK UNIK

follow us

Strategi Jitu Meraup Traffic Blog Dengan Cerdas

Strategi Jitu Meraup Trafic Blog Dengan Cerdas

Jelajah Internet - Ketika Anda belum sukses motivasi yang Anda berikan di anggap kentut dan sebaliknya jika kalian sukses kentut saja bisa dianggap motivasi. Mungkin itulah anggapan yang pas untuk saya saat ini.

Saya seolah bercerita dan tau bagaimana meningkatkan Traffic dengan cepat, padahal tidak saya bukan orang yang mahir dalam bidang tersebut saya hanya berbagi tulisan dari pengalaman yang saya tau selama terjun dalam dunia blogging sejak 2010 silam.

Saat ini saya termasuk seorang Blogger pemula, meski saya sudah mulai ngeblog dari beberapa tahun belakangan ini. Alasannya simple karena blog yang saya kelolah saat ini baru berumur beberapa minggu saja. (Tidak fenomenal juga)

Namun itu bukan alasan untuk saya tidak boleh berbagi informasi yang saya ketahui. Sekali lagi saya harus berkata terus terang ngeblog di era sekarang  ini sangat membosankan dan tidak seindah 9 tahun silam. (Pengalaman)

Mengapa begitu

Jika kita tarik kebelakang tentunnya jaman memang sudah berubah, semua sudah berbeda jadi sebenarnya tidak ada yang salah akan perubahan tersebut. Semua ingin maju, semua ingin berkembang tahap inilah yang disebut pendewasaan.

Yang menjadi masalah pembeda adalah Blogger saat ini terlalu kaku tidak seperti jaman dulu yang lebih mengutamakan persahabatan antar blogger, saling sapa dan saling mendukung. Blogger saat ini tidak demikian.

Itulah yang disebut perubahan. Kembali ketopik pembahasan.

Bagaimana Strategi jitu untuk mendatangkan visitor?

Tentunya Visitor adalah hal yang paling kita butuhkan untuk kita yang aktif dalam dunia blogging seperti ini. Tanpa visitor yang datang sebagus apapun website serta konten yang kita buat itu semua tidak akan ada artinya. Sebab untuk apa kita menulis jika tidak ada yang membaca?

Strategi Jitu Meraup Trafic Blog Dengan Cerdas

Hal yang pertama kita lakukan tentunya kita harus membuat pondasi yang kokoh dengan mengisi blog kita dengan tulisan-tulisan yang bagus. Sebab saya yakin ketika seseorang melihat tulisan yang ada di blog kita bagus maka mereka kelak akan balik lagi mengunjungi website kita.

Setelah itu kita dapat melakukan strategi selanjutnya dengan melakukan promosi, promosi tidak harus bayar kita bisa manfaatkan medsos yang kita punya untuk melakukan hal tersebut. Kita bisa share artikel kita ke jejaring social aktif yang kita punya untuk mendulang traffic.

Baca juga: Nasib Blogger Pemula di Tengah Gempuran Website Besar, Bisa Bertahan?

Tapi cara seperti ini menurut saya sudah tidak terlalu efektif dan hanya membuat beranda medsos kita menjadi penuh link yang tidak enak dilihat. Jadi sebenarnya cara ini masih oke, namun menurut saya tidak begitu memberikan efek yang signifikan dalam arti lalu lintas yang kita dapat tidak begitu cukup membantu.

Sebab orang mencari informasi ke banyakan di mesin pencari. Apa yang kamu share di medsos belum tentu orang mau membukanya jika itu bukan informasi yang dia cari dan tidak menarik perhatiannya.

Gimana kalau kita update postingan rutin?

Menurut saya ini jauh lebih baik namun satu hal yang harus kamu perhatikan kamu tidak boleh mengejar setoran, maksdunya gini jangan asal posting aja yang penting artikel banyak namun artikel tersebut KOSONG dalam arti tidak berkualitas.

Jika ingin menerapkan cara ini boleh-boleh saja, saya sangat setuju dan tidak setuju juga. Setujunya search engine memang menyukai blog yang sangat aktif serta kaya akan konten dan tentunya merupakan peluang bagi kita untuk membangun serta mendapatkan traffic blog.

update postingan rutin

Tidak setujunya ini menurut saya masih 50:50, jika dari apa yang saya lihat coba perhatikan saja blog-blog besar yang jarang update namun tetap saja visitornya tetap stabil, saya ambil Blog Mas Sugeng. Beliau jarang update posting tapi sekali posting artikelnya sangat bagus detail dan jelas .

Jadi disini saya menyimpulkan, blog yang update tiap hari memang bagus namun belum tentu juga mendapatkan visitor lebih banyak. Yang saya lihat malah orang yang membuat artikelnya lengkap dan jelas penguraiannya malah mendapat tempat di search engine dan mendatangkan banyak traffic.

Menurut saya cara yang paling efektif mendatangkan pengunjung adalah kita membuat tulisan/artikel yang sangat lengkap, detail dan jangan setengah-setengah. 

Ketika kita membahas sebuah tempat atau apalah kita harus menceritakan secara detail tempat yang kita maksud tersebut dan bila perlu kita masukan visual yang menarik seperti video. Dengan begitu saya yakin kita akan lebih banyak memperoleh traffic ke blog kita.

Logika sederhananya orang lebih menyukai membaca artikel yang lengkap, jadi ketika dia membuka artikel yang sama namun artikel yang dia buka tidak mendapatkan jawaban (setengah-setengah) maka artikel yang kita buat bisa menjadi pilihannya untuk dibuka. (Perumpamaan)

Kecepatan loading blog

Mungkin sebenarnya blog kita sudah sangat ramai pengunjung namun kita tidak menyadari jika blog yang kita kelolah mempunyai kecepatan yang sangat lambat/berat. Sehingga orang jadi malas membuka blog kita.

Loading Blog Cepat

Ini harus menjadi perhatian serius jika kamu tidak ingin kehilangan traffic blog. Sangat penting dan perlu perhatian khusus Admin blog tersebut.

Bedasarkan pengalaman, saya sendiri sangat malas membuka artikel yang loadingnya lama. Meski artikel yang saya cari uda ketemu, lebih baik saya mencari artikel lain yang aksesnya lebih cepat terbuka.

Kesimpulan

Pemikiran saya mungkin berbeda dengan Anda. Namun apapun itu hargailah perbedaan pandangan orang dalam menilai sesuatu. Jika sobat punya pendapat lain mari kita berdiskusi di kolom komentar.

You Might Also Like:

Jika tertarik dengan artikel yang anda baca saat ini, berikan tanggapan melalui kolom komentar di bawah ini. Berkomentarlah yang cerdas, karena pintar saja tidak cukup.
Buka Komentar