Skip to main content
JEJAK UNIK

follow us

11 Hal Yang Menyebabkan Blog Sepi Pengunjung Padahal Kaya Konten

11 Hal Yang Menyebabkan Blog Sepi Pengunjung Padahal Kaya Konten

11 Alasan Mengapa Blog Sepi Pengunjung Padahal Kaya Konten - Blog sepi pengunjung bukanlah hal baru dan tidak perlu kamu risaukan. Sebab dalam dunia blogging hal seperti masalah sepi pengunjung tidak hanya terjadi pada blog kita sendiri. Banyak di luar sana blog-blog lain yang mempunyai problem seperti ini.

Bahkan blogger ternama sekalipun yang sudah berpengalaman tidak akan pernah selalu kebanjiran traffic dan terkadang juga mereka sama halnya seperti kita, bisa mengalami penurun visitor secara signifikan. Hal ini memang tidak bagus untuk kelangsungan blog kita kedepannya apalagi jika dibiarkan begitu saja tanpa kita cari tau penyebabnya.

Untuk itu agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi dan bisa teratasi mari kita analisa mengapa blog kita sepi pengunjung.

Baca juga: Strategi Jitu Meraup Traffic Blog Dengan Cerdas

11 Hal Yang Menyebabkan Blog Sepi Pengunjung Padahal Kaya Konten

11 Hal Yang Menyebabkan Blog Sepi Pengunjung Padahal Kaya Konten

1. Artikel Blog Kita Tidak Bernilai

Banyaknya artikel dalam suatu blog bukan menjadi penentu bahwa blog tersebut bagus. Memang benar google menyukai blog yang kaya akan konten namun perlu kamu ketahui maksud kaya konten menurut google itu yang seperti apa?

Maksudnya artikel yang google maksud ialah konten haruslah mempunyai nilai lebih dari segi kelangkaan dan haruslah bener-bener unik. Dalam arti tidak membuat konten yang kebanyakan orang bahas dan isinya intinya sebenarnya sama saja.

Memang susah tapi untuk membuat sesuatu yang bagus memang perlu perjuangan dan pemikiran yang ekstra lebih.

2. Isi Konten Tidak Memberikan Manfaat

Lanjutan poin satu tentunya ketikan kalian membuat sebuah artikel kalian harus bisa membuat tulisan yang bener-bener bisa memberikan jawaban pada pembaca. Jangan membuat artikel yang panjang lebar namun ujung-ujungnya visitor blog anda tidak menemukan inti jawaban dari artikel yang kamu buat. (Simplenya tulisan anda terlalu muter-muter)

3. Artikel Tidak Terindex Mesin Pencarian

Bisa jadi artikel yang kamu buat tidak terindex mesin pencari sama sekali. Sebab ini penting, untuk mendapatkan banyak traffic ke blog kita, pastikan konten/artikel yang kita buat harus terindex pada search engine. Syukur-syukur masuk top 10 halaman utama pencarian, maka dipastikan blog kamu akan banyak kebanjiran traffic.

Jika kalian merasa mengalami hal seperti ini kalian bisa temukan solusinya pada artikel ini Penyebab Utama Artikel Tidak Terindex Di Google Dan Cara Mengatasinya.

4. Salah Memilih Topik Blog

Meskipun blog kalian kaya akan konten dan pembahasan topiknya sangat luas namun jika kalian salah memilih niche blog tentunya semua itu akan percuma. Pada intinya kalian harus bisa melihat kegemaran pengunjung blog anda (apa yang mereka sukai)

Untuk mengetahui minat pengunjung anda bisa mencoba berbagai alat SEO dengan masing-masing melihat kata kunci dan tren apa yang paling banyak dibicarakan. Terasa ribet memang apalagi jika kita seorang pemula yang baru terjun dalam dunia blogging seperti ini.

Baca juga: Tips Memilih Niche Blog Yang Tepat Untuk Blogger Pemula di Tahun 2020

5. Loading Blog Berat

Jangan anggap sepele hal ini sebab untuk dapat menarik minat baca seseorang tentunya kita harus mempunyai laman blog yang super cepat. Sebab jika loading anda terlalu lama visitor yang tadinya sudah menemukan judul artikel yang dia cari dan memilih masuk pada blog kita, bisa menjadi tidak jadi karena faktor loading tersebut. (langsung di close)

Untuk itu hal ini harus benar diperhatikan oleh kita sebagai admin blog. Atau kalian bisa mencoba tips ini Meningkatkan Kecepatan Loading Blog Dengan Bantuan DNS Cloudflare.

6. Jarang Update Konten

Faktor ini yang kebanyakan terjadi dan sering kali menjadi dilema buat blog kita. Bagaimana blog kita mau banyak pengunjung jika kita sendiri malas membuat update postingan. Tentunya pengunjung akan bosan jika kelamaan melihat blog kita tidak kunjung update. Memang si ada blogger yang jarang update namun visitornya tetap sama saja tapi menurut saya lebih baik kita sering update, apalagi jika kita seorang blogger pemula.

Tidak perlu rutin cukup semingu 2-3 kali jika memang kamu tidak mempunyai waktu yang cukup mengelolah blog. Hal tersebut sebagai tanda alaram saja kepada visitor setia kamu kalau blog kamu masih sangat up to date.

7. Umur Blog Masih Muda

Untuk blog yang masih muda jangan harap kita bisa mendapatkan traffic yang banyak, sebab pastinya google tidak mempunyai data untuk merayapi blog kita lebih dalam karena memang masih muda. Jadi faktor umur sangat berpengaruh juga pada banyaknya traffic blog kita.

Umumnya jika blog kamu sudah masuk 3 bulan itu bisa lebih baik dan menurut saya sudah cukup buat google merayapi lebih jauh blog anda. Namun dengan catatan blog anda harus rutin update artikel sebab jika jarang-jarang sama saja bohong, kamu tentu akan kesulitan meningkatkan traffic.

Dan jika traffic blog kalian sudah banyak kalian bisa mencoba 3 Cara Yang Bisa Kamu Coba Untuk Menghasilkan Uang Lewat Blog.

8. Kurang Mendapat Backlink

Peran backlink sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas blog serta tingkat kepopuleran blog anda sendiri.
Backlink secara singkat: Link yang terdapat pada situs lain yang dapat membantu meningkatkan/kepopuleran blog kita
Maka tidak heran banyak orang berusaha mendapatkan backlink untuk blognya dengan alasan itu tadi. Oleh sebab itu mencari backlink sangatlah penting namun perlu diingat jangan terlalu berlebihan.

Carilah situs yang memang mempunyai reputasi yang bagus dan untuk mendapatkan backlink secara free tentunya kalian harus berkomentar pada blog tersebut. Ingat jangan spam, berkomentarlah sesuai topik yang kamu baca, syukur-syukur komentar kamu mendapatkan respon dari admin tentunya itu sangat bagus sekali.

9. Template Kamu Tidak Seo Friendly

Umumnya inilah yang sering kali kita tidak sadari sebagai admin blog, sebab saking keasikan menulis sampai lupa bagaimana kondisi template yang kita pergunakan. Ini haruslah diperhatikan sebab percuma jika blog kamu kaya akan konten namun template yang kamu gunakan tidak seo friendly, memangnya ngaruh?

Sangat berpengaruh sekali, logika sederhananya jika kamu mengunakan template yang ramah search engine (seo friendly) memungkinkan artikel yang kamu buat bisa lebih cepat terindex dibanding kamu menggukan template yang tidak SEO.

Lalu dimana saya bisa mendapatkan template seperti itu?

Selow gan, saya punya beberapa rekomendasi yang mungkin kalian bisa pilih salah satunya 3 Template Premium Blogger Terbaik 2019 Yang Bisa Kamu Pilih.

10. Kurang Promosi

Meskipun blog anda kaya akan konten dan banyak mengulas berbagai macam topik namun tentu saja itu tidak ada jaminan kalau blog kita akan ramai pengunjung. Faktor promosi mempunyai peranan yang sangat penting untuk perkembangan blog kita.

Logikanya dengan kita banyak melakukan promosi tentunya orang akan semakin mengenal blog kita. Untuk itu mulai saat ini kalian harus giat melakukan promosi agar kita bisa mendapatkan traffic lebih pada nantinya.

Promosi tidak mesti bayar, kamu bisa manfaatkan medsos kamu sendiri sebagai tempat promosi blog. Memang sih yang namanya gratis pastinya selalu ada kekurangan dan terkadang hasilnya kurang maksimal. untuk itu jika kalian mempunyai uang lebih bisa mencoba jasa seo untuk meningkatkan kualitas artikel dan blog anda dalam search engine.

Baca juga: 10 Tips Memilih Jasa Seo Terbaik Untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda

Terakhir...

11. Jangan Terlalu Banyak Optimasi

Melakukan optimasi memang merupakan suatu keharusan untuk kemajuan blog kita. Namun jika kalian terlalu banyak melakukan hal seperti ini, dampaknya bukan baik malah blog kalian bisa dianggap SPAM oleh google.

Untuk itu kalian harus bijak dan benar-benar memperhatikan hal ini. Kalian tidak mau bukan jika artikel yang sudah susah paya dibuat malah dianggap spam karena kesalahan yang sebenernya tidak perlu kita lakukan.

Pelan-pelan saja namun pasti, dibanding instan namun hasilnya tidak baik, Pilih mana?

Mungkin itulah 11 Alasan Mengapa Blog Sepi Pengunjung Padahal Kaya Konten, kalian bisa mempelajari dan coba memikirkan letak kesalalahn pada blog anda. Semoga artikel bermanfaat!

You Might Also Like:

Jika tertarik dengan artikel yang anda baca saat ini, berikan tanggapan melalui kolom komentar di bawah ini. Berkomentarlah yang cerdas, karena pintar saja tidak cukup.
Buka Komentar