Skip to main content
JEJAK UNIK

follow us

Memasang Fitur Dark Mode Pada Blog Perlukah?

Memasang Fitur Dark Mode Pada Blog Perlukah? saat ini cukup banyak sekali blogger yang memasang fitur dark mode pada blognya. Entah apa tujuan pastinya namun satu hal yang mungkin menjadi pertimbangannya agar memberi kenyamanan para user pembaca blognya.

Hal tersebut tentunya tidak salah juga sebab setiap admin berhak membuat atau memasang apa saja yang disukainya termasuk fitur dark mode ini. Tapi yang menjadi pertanyaan apakah pembaca akan menggunakan fitur yang sudah kita pasang dark mode pada blog?

Berdasarkan pengalaman saya yang sering kali blogwalking dan melihat blog dengan fitur dark mode ini malah saya tidak pernah menggunakannya paling hanya klik sekali untuk melihat modenya lalu saya lebih memilih tampilan standar lagi dari tampilan blog tersebut.

Dari apa yang saya alami saya dapat menyimpulkan sendiri kalau memasang fitur dark mode pada sebuah blog bukanlah pilihan yang cerdas.

Memasang Fitur Dark Mode Pada Blog Perlukah?
Suka tidak suka tentunya balik lagi ke keselera masing-masing admin blog tersebut. 
Untuk itu saya akan memberikan sedikit alasan mengapa fitur dark mode tidak terlalu berguna untuk sebuah blog!

Pertama..

Beban Loading Blog Akan Bertambah

Seperti kita ketahui setiap penambahan fitur widget atau css dalam sebuah blog pasti akan juga mempengarui kecepatan loading pada blog tersebut.

Apalagi yang kita masukan terlalu banyak javascript dan Jquery yang secara umum sudah terbukti dapat memberikan dampak yang cukup menggangu pada kecepatan blog. Karena pemasangan mode dark pada blog pastinya membutuhkan itu semua (kebanyakan)

Tidak Terlalu Berguna

Jika kalian admin memikirkan soal kenyamanan pembaca lalu memasang fitur dark mode ini, menurut saya itu bukan solusi yang tepat. Sebab sudah dijelaskan pada poin pertama pemasangan fitur dark mode ini hanya akan menambah beban loading blog dan secara fungsi tidak begitu memberikan efek yang signifikan pada blog kita.

Untuk itu dari pada memasang fitur dark mode ini alangkah baiknya kalian mengedit tampilan blog dari mulai warna menu navigasi, bagian halaman postingan dan ukuran jenis font yang menurut saya itu jauh lebih baik dan bisa memberikan kenyamanan bagi pembaca.

Kalian dapat memilih warna yang enak dilihat dan tidak membuat sakit dimata. Jadi menurut saya solusi ini jauh lebih baik dari pada memaksa memasang dark mode namun memberikan dampak positif pada blog kita.

Yang terakhir...

Terlihat Norak

Memang sih fitur dark mode sangat bagus dan sebenarnya ini semua lebih keselera saja. Tapi buat saya melihat hal tersebut maaf saya harus katakan yang sejujurnya kalau itu norak. Jika kalian memahami dan sudah mempunyai pengalaman lebih dalam dunia blogging seperti ini tentunya tidak akan menggunakan fitur tersebut.

Karena harus saya katakan sekali lagi tidak memberikan dampak yang bagus untuk blog hanya memberi keindahan saja. Blogger yang sudah berpengalaman tidak akan mengorbankan blognya hanya demi keindahan saja namun lebih memikirkan hal lain seperti faktor kecepatan loading dll.

Bukan hanya soal dark mode saja namun memberikan efek-efek untuk mempercantik blog seperti turun salju dan masih banyak lagi juga pastinya akan dihindari oleh blogger berpengalaman. Untuk itu coba kalian perhatikan blogger-blogger besar yang sudah top jarang sekali menggunakan fitur dark mode ini.

Kesimpulan

Ini hanya opini pribadi saja dan jangan kalian pikirkan jika tidak menyukainya sebab keputusan tetap ditangan Anda. Namun menurut saya memang lebih baik tidak memasang fitur dark mode pada blog dan mungkin kalau mau gelap blognya kalian bisa mencoba memakai kaca mata hitam agar tidak terlalu menyilaukan mata saat membaca.

Tambahan

Namun jika Anda tetap ingin memasang fitur tampilan dark mode pada blog kalian bisa melihat refrensinya pada artikel ini Cara Membuat Night Mode di Blogger dengan Cookie.

You Might Also Like:

Jika tertarik dengan artikel yang anda baca saat ini, berikan tanggapan melalui kolom komentar di bawah ini. Berkomentarlah yang cerdas, karena pintar saja tidak cukup.
Buka Komentar