Skip to main content
JEJAK UNIK

follow us

Perdebatan Soal Blog Amp dan Non-Amp

Perdebatan Soal Blog Amp dan Non Amp - Saat ini blog Amp template menjadi populer dan banyak para blogger yang memanfaatkan fitur unggulan yang diberikan google ini. Karena menurut informasi yang beredar blog Amp diklaim dapat memberikan pengalaman terbaik bagi blog Anda serta para pembaca semua.

Loading blog menjadi super cepat karena memang blog Amp tidak terlalu bergantung pada javascript seperti blog non-Amp dan katanya dalam hal pencarian mobile blog yang menggunakan Amp template akan lebih diprioritaskan oleh google dalam mesin pencarian.

Apakah semua itu benar adanya? sebentar lagi kita akan ulas bersama secara singkat padat dan to the poin soal misteri pada blog Amp tersebut agar tidak lagi menjadi perdebatan di masa mendatang. Sebab ternyata ada juga blogger yang terlalu mendewakan template Amp dan mengklaim jauh lebih baik dari blog non-Amp.

Perdebatan Soal Blog Amp dan Non-Amp

Apakah Blog Amp Sesempurna Itu?

Sejujurnya menggunakan template Amp itu memang bagus untuk blog tapi sayangnya untuk kita yang ngeblog masih menggunakan platfrom blogger ternyata tidak semua blog cocok, karena tidak semua admin blog bisa terlepas dari penggunaan javascript dan jQuery saya salah satu blogger yang masih bergantung dengan hal itu.

Jika Anda memutuskan menggunakan template Amp-Html pastinya kalian sudah siap akan kekurangan seperti hal yang saya singgung di atas. Namun bukan berarti kalian tidak dapat memasang widget-widget penting dalam sebuah blog seperti memasang recent post blog dll.

Kalian tetap masih bisa memasang widget tersebut pada blog yakni dengan bantuan webloader atau menggunakan iframe namun dengan bantuan pihak ketiga seperti itu bisa saja widget tidak berjalan seperti yang kita harapkan, belum lagi jika kita tidak mengetahui cara terbaik untuk memasangnya? tentunya ini akan merepotkan juga.

Namun jika bicara soal kecepatan loading saya sangat setuju jika blog Amp memang sangat cepat dalam segala medan dalam arti meski koneksi internet kita lemot blog Amp masih dapat tampil rapih dan masih enak untuk dibaca. Berbeda jika kita menggunakan blog non-Amp ketika koneksi lemot maka akan lebih sulit diakses.

Dari kasus di atas kita dapat menyimpulkan jika blog Amp dilihat dari segi kecepatan tentunya akan lebih unggul. Tapi tunggu dulu! jika blog Amp diakses lewat Pc/laptop menurut saya tidak begitu berpengaruh dan terkadang blog non-Amp malah bisa jauh lebih cepat loadingnya.

Karena memang blog Amp (Accelerated Mobile Page) terlahir untuk lebih terfokus pada mobile jadi ketika diakses lewat pc/laptop tidak akan berpengaruh banyak fitur Amp tersebut. Jadi menurut saya blog Amp template tidak sesempurna yang kita bayangkan sebab masih banyak kekurangannya juga.

Satu hal lagi yang menarik soal posisi konten/artikel pada mesin pencarian yang konon bila menggunakan template Amp maka akan lebih diprioritaskan oleh mesin pencarian google apa itu benar?

Dari apa yang saya alami selama browsing menggunakan smartphone kebanyakan yang saya lihat memang banyak artikel dari blog Amp yang mempunyai posisi yang lebih baik dari blog non-Amp. Tapi tidak semua begitu sebab ada juga blog non-Amp yang mempunyai posisi bagus dalam pencarian.

Jadi jika kita perdebatkan soal mana yang lebih baik antara blog Amp dan non-Amp maka tidak akan pernah ada habisnya sebab saat ini ibarat dua kubu yang terpecah namun masih dalam satu induk hosting dari google yang sama-sama ngeblog menggunakan blogger.com.

Baca juga: Kenapa Platform Blogger Sangat Bagus Untuk User Pemula?

Maka sampai kapanpun akan terus menimbulkan pro dan kontra karena saat ini tidak semua blogger beralih ke blog Amp dan masih banyak blogger-blogger hebat yang masih setia dan percaya pada blog non-Amp.

Perdebatan Soal Blog Amp dan Non-Amp

Binggung tidak?

Tidak usah bingung kita langsung ambil inti poin dari tulisan ini saja.

Pada intinya baik blog Amp maupun non-Amp menurut saya sama saja karena para pembaca non blogger dalam arti pembaca umum tidak akan memperhatikan hal itu semua yang memperhatikan pastinya hanya sesama admin blog saja. Untuk itu baik template Amp maupun non-Amp sebenarnya lebih ke soal selera saja. (menurut saya)

Intinya mau blog Anda cepat kaya pesawat jet atau apalah namun jika isi konten/artikel anda tidak bagus dan judul artikel kita jauh di hasil pencarian google maka menggunakan blog Amp pun sama saja begitu sebaliknya.

Karena tujuan kita membuat blog pastinya ingin tulisan atau artikel yang kita buat banyak dibaca banyak orang dan pengunjung tidak peduli akan fitur Amp atau non-Amp pada blog kita. Yang mereka butuhkan adalah kelengkapan konten yang kita sajikan bukan template yang kita sajikan.

Jadi menurut saya..

Yang terpenting dalam sebuah blog adalah bagaimana caranya kita sebagai admin dapat membuat konten/artikel yang dapat menarik perhatian orang untuk membaca dan bisa bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan artikel di mesin pencarian yang ada kaitanya dengan SEO (Search Engine Optimazation) itu jauh lebih penting dari pada memperdebatkan soal Amp dan non-Amp.

Baca juga: 10 Tips Memilih Jasa Seo Terbaik Untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda

Kesimpulan

Ini hanya merupakan pandangan pribadi saya sebagai orang awam yang melihat tentang Amp dan non-Amp. Baik Amp maupun non-Amp masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing sebab kesempurnaan itu hanya milik Tuhan.

Apapun pilihan Anda mau blog Amp or non-Amp tetap semangat dalam ngeblog karena masih banyak hal menarik lainnya selain membandingkan kelebihan dan kekurangan AMP dan NON AMP.

Sekian coretan tidak penting tentang Perdebatan Soal Blog Amp dan Non-Amp. Salam blogger pemula..!!!

You Might Also Like:

Jika tertarik dengan artikel yang anda baca saat ini, berikan tanggapan melalui kolom komentar di bawah ini. Berkomentarlah yang cerdas, karena pintar saja tidak cukup.
Buka Komentar