Skip to main content
Tempat Belajar Trading - Kursustrading.com

Private Villa dan Resort Villa, Apa Bedanya?

Ditulis Pada 25/03/21

Liburan merupakan salah satu hal yang banyak dinantikan, untuk beristirahat sejenak dari berbagai kesibukan. Biasanya, staycation di sebuah villa menjadi tujuan utama ketika berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman.

Pada awalnya, villa merupakan suatu hunian yang sering digunakan untuk menyebut sebuah rumah kelas atas di pedesaan, pada zaman romawi kuno. Hingga kini, villa tetap eksis menjadi hunian yang biasanya megah dan elegan.

Saat ini, sudah banyak villa yang didirikan untuk tujuan komersil, yaitu untuk disewakan kepada para turis yang sedang berlibur. Seiring dengan meningkatnya minat akan pariwisata, villa kemudian semakin menjamur dimana-mana, dan dapat dibedakan berdasarkan jenisnya.

Ada villa berdiri sendiri, atau yang biasa disebut Private Villa, ataupun yang dibangun secara bersamaan dalam sebuah kawasan, atau Resort Villa. Lalu apa yang membedakan kedua jenis villa tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Private Villa dan Resort Villa, Apa Bedanya?

Perbedaan Private Villa dan Resort Villa

Pada saat merencanakan liburan, memilih jenis villa yang tepat adalah penting demi kenyamanan selama berlibur. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu perbedaan di antara kedua jenis villa berikut ini.

Private Villa

Private villa adalah sebuah hunian yang digunakan untuk tempat peristirahatan keluarga yang dimiliki dan dikelola oleh perorangan. Jenis villa yang satu ini biasanya berdiri sendiri tidak terhubung dengan villa atau bangunan lainnya. Apabila dilihat dari fasilitasnya, private villa biasanya memiliki seperti rumah pada umumnya, yakni fasilitas dapur, kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang tamu, halaman, dan ada juga yang memiliki kolam renang.

Apabila dilihat dari desainnya, private villa ini kebanyakan memiliki lahan yang luas. Sebagian lahan yang ada, biasanya digunakan untuk taman ataupun kolam renang. Villa yang satu ini juga biasanya akan dibuat seindah mungkin, dengan menunjukkan kearifan arsitektur lokal.

Private villa akan sangat cocok untuk kamu yang ingin merasakan suasana pedesaan yang kental dengan unsur alam, maupun unsur tradisional. Selain itu, biasanya private villa berada di tengah pedesaan, dan jauh dari kebisingan kota.

Resort Villa

Resort villa adalah bangunan yang saling terpisah namun masih berada di dalam satu kawasan. Jenis villa yang satu ini memiliki banyak banyak fasilitas yang ditawarkan, seperti kolam renang, area gym, area spa dan sauna, restoran, bar, dan yang lainnya. Meskipun begitu, kelengkapan fasilitas ini biasanya tergantung dari masing-masing resort villa itu sendiri.

Resort villa biasanya memiliki area yang lebih luas dibanding private villa. Meskipun begitu, antara villa yang satu dan lainnya biasanya masih saling terhubung dalam satu manajemen. Selain itu, biasanya resort villa juga digabung dengan resort hotel.

Akan tetapi, penyewa resort villa dalam hal ini tidak hanya akan mendapatkan kamar seperti hotel pada umumnya, akan tetapi mendapatkan kamar beserta lahan dan bangunan yang terpisah.

Dilihat dari desainnya, resort villa adalah bangunan yang berbentuk cluster yang saling berdampingan dan menghadap ke sebuah view utama. View yang ditawarkan oleh resort villa biasanya berupa pemandangan alam, baik pegunungan, persawahan, maupun pemandangan pantai dan laut. 

Karena sifatnya cluster dan terdiri dari beberapa bangunan, resort villa akan terkesan jauh lebih ramai jika dibandingkan dengan private villa.

Nah, itu dia perbedaan antara private villa dan resort villa yang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kira-kira, untuk liburan nanti, kamu mau pilih yang mana?

Postingan ini dikirim oleh:
Photo

Lulusan dari Marketing Management dan sedang berkerja sebagai Digital Marketing
Guest Post
Sobat Traveler's: Bagaimana tanggapan kamu tentang Private Villa dan Resort Villa, Apa Bedanya? Silahkan berikan komentar Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar